Games Level 6#Menstimulus Matematika Logis# Day 1


Oke sebelum menulis aktivitasnya,kita sama sama fahami dulu yuk tantangannya :)

❤GAME LEVEL 6 ❤
*Menstimulus Matematika Logis*

🌸Tantangan 10 hari level 6🌸

 *Temukan Matematika logis di sekitarmu*

 ❤ Bagi yang sudah menikah dan memiliki anak, temukan matematika logis dalam aktivitas sehari-hari bersama ananda. Jadikan momen aha!

_Stimulasi Matematika Logis dengan Permainan_

Agar lebih seru buatlah permainan dengan berkarya DIY toys untuk menstimulus matematika logis anak.
 Tuliskan keseruannya.



Nah nah jadi tugas kali ini makin berbobot yaaaa dan tentu makin membuat diri ini harus giat belajar.

Tugasnya itu menurut pemahaman aku, biar aku jd kepaksa untuk stimulus maksimal :D yaitu

1. temukan matematika logis di sekitarmu dalam aktivitas sehari hari
2.Stimulasi.matematika logis dengan permainan, agar lebih seru buatlah DIY

:) :) :) Menantang banget kaaaaan

Nah buat sumber inspirasi aku jg harus pahami betul materinya




Okeh,sebelumnya aku mau bahas dulu tentang matematika logis,atau waktu aku ngajar dahulu, matematika logis ( Logic Mathematic Knowledge)masuk dalam Domain Kognisi, bersama dengan lainnya ada Persepsition, physical knowledge,Representation knowledge, Critical thinking, Convesosial Knowledge. Mudah mudahan lain waktu insyaAllah kita bisa bahasa satu satu ya,cari sumber dulu. Kalau tentang matematika logisnya sendiri itu luas ya cakupannya, betul sekali kata mak eria,g melulu soal konsep angka atau bilangan,bisa juga tentang konsep ukuran (besar,kecil,panjang pendek), konsep banyak sedikit,mengenal bentuk geometri,mengenal waktu(pagi-malam), dan juga pemecahan masalah sederhana lewat kegiatan bermain seperti puzzle balok dan lego, bahkan jurnal (menggambar/menulis yg merupakan mental image) itu dalam domain kognisi masuk ke representation knowledge..tapi kan semua itu berkaitan yaaa..jadi level 6 ini betul betul peluang untuk menstimulus domain kognisi anak..masyaAllah semangaaat!!!!

Nah,yuk kita mulai aktivitasnya

1. Matematika Logis pada kegiatan harian
    a. Tidur
        Memverbalkan bentuk tempat tidur(Persegi panjang), adab sebelum tidur kibas kasur 3 kali sambil berhitung,gosok gigi cuci tangan dan kaki,ke kamar mandi sambil menghitung langkah, dan masih banyak lainnya..kalau disadari,banyak bgt yang bisa ditemukan
    b. Makan
     Makan bubur, kuahnya taro mangkuk terpisah. Umi bilang "ade butuh berapa sendok kuah? tuang sendiri ya! Ayash tuang sendiri sambil berhitung dibatu umi, terus sampe hitungan ketiga berhenti,kata Ayash kurang mi :D, kami jg membadingkan ukuran kerupuk umi dan Ayash ;D,jg membandingkan jumlahnya banyak dan sedikit

    c. Jemur matahari
Naik tangga ke loteng,sambil bilang "dek,kira kira kita perluu berapa anak tangga untuk bisa sampe ke atas? terus main thawaf2an lari keliling meja 7 kali :D
    d. Mandi
Kalo mandi pasti ayash pengennya main tuang air dulu sbelum mandi,baru siap.mandi. Ini g bagus ya? jadi g fokus ya? Jadi ya sebelum mandi itu pasti banyak banget matematika logis yg terstimulus mulai dari meneteskan pewarna makanan,mengkocok sabun pake kocokan manual,bikin gelembung sabun,jualan es dia tuang kegelas gelas tinggal pinter pinter emaknya aja beri pijakan. Lama dah g mandi.mandi :D

     e. Melibatkan pada kegiatan Rumah Tangga (nyapu halaman,jemur baju)

Ayash ini seneng banget nyapu,rajinan Ayash daripada uminya,ngeliat daun daun yg berguguran pasti langsung ambil sapu lidi dan nyapuuuuu..

biasanya mah,umi g stimulus apa apaaa :D,ayash nyapu ya nyapu aja. Ternyata guys ada matematika logis disiniiii

umi memverbalkan "MasyaAllah Ayash mengumpulkan banyak daun berbeda ukuran, kita hitung dan kita susun yuk dari uukuran terkecil sampai besar :D

Ayash juga tumben nih menawarkan diri mau bantu jemur baju, yaudah peluang nih. Pertama karena umi naro diembernya g klasifikasi,akhirny umi minta Ayash klasfkasi di ember kosong,setelah itu Ayash terlihat menjemurnya berpola (baju-celana, baju-celana)


Nah Kalau kegiatan pilihannya Ayash minta bikin ice cream. Setiap bangun tidur,atau malam harinya,pasti aku bertanya "Ayash besok mau kegiatan apa?" kali ini dia minta bikin ice cream


Logis Matematikya apa aja cobaa

1. Saat Ayash memegang kemasan nya ∂άn mengguntingnya,umi nanya "dek bagaimana cara membuka kemasannya", Ayash jawab "perlu gunting umiii" (pemecahan masalah)
hasil guntingan Ayash

2 Saat menuang bubuk dia belajar banyak konsep (banyak,sedikit,isi,kosong), Kemudian saat memindahkan bubuk dengan sendok Ayash membilang, dan umi meberi pijakan "kira kira untuk memindahkan bubuk icecream ini perlu berapa sendok ya? Umi juga sampaikan kemasannya berisi 75 gr bubuk icecream. (konsep ukuran, konsep angka,konsep pola dan hubungan)

3. Saat menakar susu UHT yang dibutuhkan 150 CC. Lalu umi sampaikan "Ayash ultra mimi ayash jumlahnya 125 CC, kita perlu 25 CC lagi,yuk kita takar!. Akhirny kami menakar.menggunakan takaran yang ada. Ayash menuang 2 ultra miminya hingga mencapai 150 CC dengan bantuan umi. Sampe umi tandain pake spidol:D





4. Mengocok dengan kecepatan tinggi :D
   Harusnya pake mixer yaaa

Nah,ini umi g verbalin apa apa nih,cukup terkesima sama usahanya Ayash. Kata abi "padahal bisa dikaitin sama bentuk lingkaran,sifat air,dan gelombang, ada gelombang tranversal,ada gelombang longitudinal,oh iyaada lagi gelombang elektromgnetik" belum kelar abi ngomongin gelombang tetiba uminya pusing !"#'()*,-./:;?@[\]_{|}¡¦§©«¬­®°µ¶·»¿‖‗‘’‚‛“”„‟†‡•‣․‥…‧‐‑‒–—―‰‱′″‴‵‶‷‸‹›※‼‽‾‿⁀⁁⁂⁃⁄⁅⁆㆑㆒㆓㆔㆕㆖㆗㆘㆙㆚㆛㆜㆝㆞㆟㈠㈡㈢㈣㈤㈥㈦㈧㈨㈩㈪㈫㈬㈭㈮㈯㈰㈱㈲㈳㈴㈵㈶㈷㈸㈹㈺㈻㈼㈽㈾㈿㉀㉁㉂㉃㉿㊀㊁㊂㊃㊄㊅㊆㊇㊈㊉㊊㊋㊌㊍㊎㊏㊐㊑㊒㊓㊔㊕㊖㊗㊘㊙㊚㊛㊜㊝㊞㊟㊠㊡㊢㊣㊤㊥㊦㊧㊨㊩㊪㊫㊬㊭㊮㊯㊰㋀㋁㋂㋃㋄㋅㋆㋇㋈㋉㋊㋋㍘㍙㍚㍛㍜㍝㍞㍟㍠㍡㍢㍣㍤㍥㍦㍧㍨㍩㍪㍫㍬㍭㍮㍯㍰㍻㍼㍽㍾㍿㏠㏡㏢㏣㏤㏥㏦㏧㏨㏩㏪㏫㏬㏭㏮㏯㏰㏱㏲㏳㏴㏵㏶㏷㏸㏹㏺㏻㏼

dan abi cuma ketawa sambil ngomong "pusing ya kamu?" huuuh








#harike 1
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKELUMIT KISAH MAHASISWI JURUSAN TERTINGGAL “PGTK UNJ”

Game Level 2 Melatih Kemandirian Day 1

Game Level 3 Melatih Kecerdasan Anak Day 2