Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 17, 2019

Games Level 5 Menstimulus Anak Suka membaca Day 10

Ini sebagai cattan Akhir yaaa.. dari 17 hari tantangan, ternyata umi dan abi belum komitmen untuk tuntasin baca bukuny..huhuhu... Daaaaaan yang memimpin dan membuat pohon ini jadi rimbun adalaaaaaaah Ayasha Maulidiasyah dengan kebiasaannnya baca buku ∂άn ketertarikannya δεηgαη huruf huruf. Oh iya,tapi Ayash belum tuntas baca tentang tubuhku.. dan Umi biasanya brusaha membuat lagu ketika menjelaskan sesuatu yg akurat seerti pnjelasan tentang tubuh dalam ensiklopedia. Ini penting sekali, untuk menguatkan pengetahuannya. Khususnya menguatkan ingatan emknya yang pelupa ini.. ((-̩̩̩-͡ ̗̊--̩̩̩͡ )Ɨƚʊ̈̇ђυ͡_Ɨƚʊ̈̇ђυ͡(-̩̩̩-͡ ̗--̩̩̩͡ ):( Contohny tentang cara kerja mata Umi pake nada lagu "Old Mc Donald Had A Farm" Terbuka tertutup Kelopak Mata Menahan Keringat Fungsi alis mata Menyaring Cahaya Fungsi bulu mata Diluar mata diluar mata Organ organ diluarmata Kelopak mata terbuka cahaya diterima kornea Dari kornea cahaya diteruskan ke pupil Pupil mata melebar jika ruang

Games Level 5 Menstimulus Anak Suka Membaca Day 9

Manfaat dari membacakan buku itu salah satunya adalah bertambahnya kosakata.. :) MasyaAllah lonjakan bahasa anak umur 35 bulan ini sering bikin umi abinya senyum senyum. Pada umur 2 tahun lalu, msh ada salah penyebutan kata seperti Keranda dia sebut keranjang, pengamen dia sebut penganten.. ∂άn Ayash sering banget bikin lagu yang isinya untaian kata kata yang merupakan isi kepalanya, ∂άn msh blm nyambung..hihi.. Tapi pada umur menjelang 3 tahun ini, kesalahan pnyebutan berkurang, paling Ayash sekarang lg suka banget menggunakan kata tambahan seperti "soalnya" ∂άn "kiarin" harusnya kirain tp dy mnyebutnya kiarin :D "kiarin umi di dapur" :) Hari ini ada bahasa yang lucu banget Ayash sampaikan,memang kami dirmah campuran bahasanya,umi baku campuran g baku dan abi betawi nyablak :D begini ceritanya: tiba tiba Ayash berkata: A: umi,maafin ya...aku kentut... U: Oh ayash buang angin, Alhamdulillah :) A: Maaf ya mi aku kebelet (sambil senyum senyum) U:

Level 5 Menstimulus Anak Suka Membaca Day 8

Sikap itu bisa dibentuk juga dari bacaan, dulu ωαктυ Ayash sering tantrum umi sering bacakan buku sabarku hari ini dan syukurku hari ini, dan itu sangat berpengaruh. Tapi perlu banget untuk konsisten. Dulu umi konsisten untuk menyampaikan beli sesuatu krena perlu,maaf Ayash blum perlu dsb. Tapi huhuhu semenjak ada sebuah keadaan yg mmbuat kami.jd permisif.. berubahlah sikap ituuuu... Ayash jd mudah bgt bilang "mau ini, itu dsb" Daaaaan semua itu harus di stop.. Kalau kami caranya δεηgαη mengingatkan dy tentang salah satu kisah dr buku yg kami.baca.. Setelah itu biasanya Ayash manyun,kemudian Şέ³tûĵÛüú˘.......!!!!. Hanya perlu waktu sjaaa :) #Harike8 #GamesLevel5 #Tantangan10hari #KuliahBunsayIIP #ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Level 5 Menstimulus Anak Suka Membaca Day 7

Gambar
Semenjak menempel nama benda pada bendanya, Ayash jadi sangat suka dengan huruf huruf. Dan ternyata huruf yng paling Ayash ingat adalah U ∂άn I karena itu huruf yang ada pada nama upin ∂άn ipin. Disini aku merasa sedih juga,karena dulu pengennya kayak teorinya bahwa anak belajar baca dmulai dari namanya sendiri. Eh ini malah dari tokoh kartun. Ayash belum bener2 bisa lepas dari tipi utamaya upin ipin.. Sampe.manggil pun seperti upin ipin manggil tuk dalang " miiiii,umiiiiii oh umiiiii" :D Menstimulus anak suka membaca ini tentunya bermanfaat pada banyak aspek :D Umi perhatika banyak tahap yg naik utamanya tahap menulis ∂άn menggambrnya :D #Harike7 #GamesLevel5 #Tantangan10hari #KuliahBunsayIIP #ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Level 5 Menstimulus Anak Suka Membaca Day 6

Gambar
Hari ke enam ini Ayash masih mengulang ulang membaca buku seri Tauhid anak. Seri 1: Kita Beribadah Hanya Kepada اَللّهُ Seri 2: Apa yang kita ketahui tentang اَللّهُ Seri 3: اَللّهُ  Mengetahui segalanya. Namun karena ini buku tentang Aqidah, saya pribadi harus kuat jg scara keilmuan dan harus punya referensi untuk mengimbangi. Nah saya mengimbanginya dengan Referensi buka Ustadz Abdul Shomad "37 Masalah Populer" yaitu masalah ke tiga "Memahami Ayat dan Hadits Mutasyabihat". Pada Seri ke 2 buku tauhid anak ini menjelaskan apa apa yang kita ktahui tentang Allah, bagus sekali pnjelasannya,namun pada judul bab "Di Manakah Allah"? dibuku Ustadz Abdul somad dijelaskan ada dua metode untuk memahami ayat ini. Pertama, Metode Tafwidh: Menyerahkan hakikat dan maknanya kepada اَللّهُ Kedua, Metode Ta'wil: Memahami dengan pendekatan makna bahasa Arab. ∂άn jika metode pendekatan makna bahasa ini digunakan makna surat Thaha:5 berarti " اَللّهُ  S

Level 5 Menstimulus Anak Suka Membaca Day 5

Gambar
Pohon literasi makin rimbun. Rimbun dengan buku buku yang Ayash baca sedangkan umi.dan abi masih dsitu stu aja :(. Soalnya buku yang umi baca seru banget dbca berulang ulang..Jadi itu pnyebab lama banget nambah halaman :D.  Yasudah aku jelasin yang lain aja ya.. g bahas pohon literasi dulu :D Pada hari ke 5 ini aku mau jelasin tahap tahap menstimulus anak suka membaca yang sumbernya dari PDF IIP. Sebetulnya lbh tepatnya Menstimulus aspek berbahasa yang tentunya semua ini penting loh menjadi proses agar anak.suka membaca. Tahapan yg mau dibahas,tahapan yang belum pernah dilaksanain aja Tahap Mendengar 1. mendongeng sebelum tidur     Umi tuh dari waktu Ayash dalam kandungan sukanya ngedongengin Ayash yang sumbernya dari Nusantara Bertutur: https://advisual.kompas.id/nusantara-bertutur/arsipbyname.html cerita ceritanya tuh bagus banget, pngen banget bisa nulis bgitu. Aku tuh pengen banget punya kemampuan kemampuan yang bisa nyenengin anak anak di seluruh dunia. Tapinya du