Aliran Rasa : Games Level 6 Titik Balik

Pernah engga kamu ngerasain, sebuah moment/peristiwa atau apalah yang akhirnya bikin kamu sadar banget, dan hijrah dari kondisi sebelumnya?

Pernah gak,pernah gak?
Pasti pernah yaaaaa
itu dinamakan titik balik

Dulu waktu Tsanawiyah baca cerpen judulnya titik balik... kirain ceritanya tentang si Titik yang akhirnya balik.. Pas dibaca kok gak ada yang namanya titik :D
buahahahahaha. ( •̃͡⊝̮•̃͡)( •̃͡⊝̮•̃͡)๏ђέђέђέђέ๏( •̃͡⊝̮•̃͡)( •̃͡⊝̮•̃͡)

Kenapa games ini adalah titik balik saya untuk berubah dengan sungguh dan yakin?

1. Saya sakit
   
   Bukan games bikin saya sakit,tetapi kebetulan pada bulan itu saya mengalami peristiwa peristiwa dari mulai gangguan saat tidur,kedut kedut di perut setiap dbcain dzikir,kmudian kolesterol tinggi daaaan pas banget pada level ini tangan saya iniiii kena herpes :D

  Mulai dari tidak khusyuk sholat,gangguan tidur dan kedutan, akhirnya suami saya memutuskan untuk memanggil ustadz rukyah. Saya engga minta dirukyh,tp suami yang saranin,karena sy hmpir tiap malam tidur teriak teriak engga tenang. Saya mengajak teman teman saya yang beberapa punya keluhan serupa,bahkan ada juga yang katanya sering diganggu dengan cara si ghaib itu menampakan diri,atau dengan cara bangunan yang dia tempati hilang dsb,hnya sekitar beberapa menit terasa beratapkan langit. Kami kami yang bermasalah itu mulanya di interogasi keluhannya apa kemudian dirukyah,dan dari 6 orang ada 4 yang breaksi termasuk 
dirikuuuu.. Kata suami pas dibacain albaqoroh aku nangis (˘̩╭╮˘̩) ,terus makin kenceng nangisnya pas dbcain perjanjan jin dengan nabi Sulaiman,selanjutnya udah engga nangis,malah lbih plong, tapi kepala beraaaaat banget, kmudian saat dibacakan Surat Arrohman mulai lebih rilex, dan udahannya berasa capeeeeek banget kyak abis jalan jauuuuuuh sambil gendong ransel yang berat. Lepas itu, kami diajarkan rukyah mandiri. Dan khusus saya disarankan untuk rutin dzikir ραgι ,sore,rukyah mandiri Q.S Alfatihah 7 kali, Ayat kursi 7 kali, 3 Qul masing masin 7 kali dibaca dan di usap ketubuh atau kebagian yang kedutan/sakit. ∂άn setiap kali mau sholat baca rukyah mandiri dulu. Setelah di rukyah sy memang jd rajin dzikir ∂άn kerja keras untuk ngelawan gangguan gangguan itu. Tapi sy tersugesti bahwa setiap sakit/kedutan sy harus bacain rukyah mandiri..∂άn jadi berasa kedutan ada dimana mana,sakit dimana mana, sampai seminggu engga ada aktivitas ngjar,krena saya sibuk komat kamit bermakna..sampe ayash gk ke urus.

Beuh,sempet kapok di rukyah,karena udahannya engga enak. Terus semingguan badan kayak ada yang gelendotin,berat guys... Kata ustadz,sy dsuruh di bekam,kata istrinya ustadz sy dsruh rukyah ulang... Udah udaah saya introspeksi diri..bahwa pngaruh buruk dipaksa keluar rasanya engga enak. Rukyah itu obat instan, sedangkan perbaikan ruhiyah kita dan bergaul dengan orang shaleh adalah obat untuk selamanyaaaaaa. Kata ustadz,kalau kita tidak dekat dengan Allah, Maka syetan akan dekat denga kita. Yaudah,perbaiki kedekatan dengan Allah..Ighfirliii..


Karena sakit sakit tidak kunjung sembuh,dan saya engga mau dirukyah lagi,kata teman sebaiknya saya periksa. Akhirny saya chek gula darah,tekanan darah,dan kolesterol. Ternyata Guys, kolesterol saya tinggiiiiiiiii... hampir 280..

Dan pas sy cerita ke ibu saya,ibu saya kaget dan teringat bapak sy yang tahun 2011 smpet kollapse karena jantung koroner. Ya Allah,amit amit teh..kata ibu saya.. dulu bapak angkanya g jauh jauh dari itu. Saya cerita ke adek saya yang pernah kolesterol juga dia jawab "busyeeeet, itu mah lu hiperkolesterol". Adeksya yang mencapai angka 220 an saja mengaku badannya g enak pada sakit,nengok sakit. Nah mungkin eyke bukan digelendotin syetan ye,bisa jadi sebab kolesterol tinggi..

Kemudian sy rajin rebus daun salam,kurangi minyak minyak,minum lemon,gak mkan malem yg nasi gitu sy мαкαη nya quaker terus kuahnya pake yoghurt, hingga badan mendingan, tapi perut sering laper, dan sekelurga lagi kena flu,aku doank yang gak kena. Dan kupikir daya tahan tubuhku lg baik banget. Mengabaikan bintil keci di telapak tangan yang lama lama sekitarnya jadi memerah, kemudian bertambah banyak bintilnya, seperti melepuh,saya pikir awalnya it karena engga cocok sabun, tapi kok nyebar ke punggung tangan,ke lengan dan ke jari.Saya kok jadi ngeri yaaaa..akhirnya 3 hari kmudian stelah lepuhan itu makin besar, saya baru periksa :( telaaat



Dokter menjelaskan bahwa saya kena penyakit kulit yang disebabkan oleh virus namanya herpes. Dan ini kena nya di tangan kanan pemirsaaaaa.. Kata dokter menular... Gejalanya itu panas,menggigil,gtel plus nyeri,dan tulang ngilu,ngilunya dadakan kyak orang kesetrum. Duuuh keingetan Ayash yang punya kebiasaan kalo mau tidur minta kelitikin kaki dulu,dan tangannya tarik tarik bibir aye yang udah maju ini. rempong yeee,kalo pnya kbiasaan bgini,pas kita sakit. Udah gitu pada saat eyke sakit,intensitas liat layar makin bertambah.. :'(. Menemani main dengan Ayash pun engga bisa full.. engga bisa aktif bikin ini ituuu.

Karena sakit ini,saya sadar ketika saya tak mmpu temanin ayash main,Ayash memilih layar sebagai temannya :(. Mungkin karena ada kesempatan untuk nonton dsb, hingga dia kayak ketagihan dengan layar. Maka itu,saya harus bertekad kembali untuk membuat ayash itu menemukan apa yng ia suka hingga main sendiri tanpa perlu layar.



2. Saya Pelajari Materi

 

Pas baca ini tuh,lagi kolesterol tapi belum kena herpes, jadi tadinya komitmen mau 17 hari.. karena ini materi seru banget... tadinya mula dari hari ke 11 mau bikin media..huhu..baru satu yang dibikin, ternyta esoknya ngilu ngilu si herpes. Ini bikin sadar bahwa yang terpenting itu membangun minat,bukan sekedar membuatnya bisa,tapi dia suka... dia harus belajar dengan bahagia..ya bagi anak usia dini caranya dengan bermain bermakna.


Mengkaji soal matematika logis, saya jadi inget majalah national geoghrapy edisi otak.  Didalamny dijelaskan bahwa Otak besar mengatur otot lurik, memerintah tangan untuk megambil pensil atau membalik halaman buku. Sebuah lekukan yang dalam membelah otak besar dari depan ke belakah, membagi otak besar menjadi hemisfer kiri ∂άn kanan. Hemisfer kiri mengatur pergerakan pada sisi kanan tubuhdan hemisfer kanan mengatur sisi kiri. Hemisfer kanan penting untuk logika dan penalaran, misalnya matematika. Tapi angka ditafsirkan oleh kedua bagian otak besar. Hemisfer kanan berperan lebih besar dalam memahami hubungan kita ∂άn objek disekitar kita, serta hubungan antarobjek itu.

Nah kan tiap belahan otak saling berkaitan ya, maka kita perlu menstimulus keduanya dengan cara belajar yang menyenangkan. Ngomongin cara belajar matematika nih istilahnya namanya metakognitif. Ini dulu saya belum belajar kurtilas jadi belum tahu istilah ini,di kurtilas istilah ini digunakan. Membaca web ini kita akan tahu perbedaan kognitif dan metakognitif http://linda-haffandi.blogspot.com/2013/10/perkembangan-kognitif-metakognitif-dan.html?m=1

Nah juga dalam https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/916 disampaikan bahwa 
 Keterampilan berpikir  perlu dilatih dan terus ditingkatkan agar anak bisa menggunakan proses berpikirnya untuk menyelesaikan masalah belajarnya. Meningkatkan proses berpikir pada dasarnya adalah mengembangkan metakognitif. Proses metakognitif anak dilatihkan melalui kegiatan bermain mulai dari yang sederhana sampai ke yang lebih rumit. Keterampilan metakognitif berkaitan erat denganneurosains yang membahas tentang kinerja otak. Terjadinya proses berpikir tingkat tinggi yang merupakan keterampilan metakognitif seseorang adalah tugas dari bagian depan otak yang disebut dengan lobus prefrontal. Belahan otak bagian depan ini dikenal sebagai pusat kontrol eksekutif atau pusat terjadinya berpikir tingkat tinggi. Juga tempat upaya pemecahan masalah, regulasi demensi emosi, penentu watak dan karakter serta kepribadian seseorang. Dalam hal ini guru dan orang tua harus memperhatikan beberapa masa peka anak yang mendukung proses metakognitif sebagai pedoman pengelolaan pembelajaran di kelas diantaranya; (1) kontrol emosi, dengan menciptkan suasana emosi senang, (2) kontrol kognitif, dengan memilih metode yang mendukung kinerja otak, dan (3) kontrol motorik,  dengan melibatkan gerak fisik dalam proses pembelajaran.

Dengan pengetahuan itu semua, saya semakin semanga untuk membuat ayash suka matematika δεηgαη cara menyediakan kegiatan bermain hingga tau apa yang dia sukai :). Toh,para tokoh tokoh dunia menghabiskan masa kecilnya dengan bermain seperti Einstein yang sangat senag bermain diatas perahunya, senang melihat bayagan dirinya di air juga selalu sibuk δεηgαη kompas yang merupakan hadiah dari ayahnya, Thomas Alfa Edison yang sejak kecil senang sekali main peran laboratorium di garasi, dan dari pengalaman main mereka itu kelihatan keahliannya itu sejurus ya,MasyaAllah.

Alhamdulillah hingga sekarang jd konsisten tiap hari bikin kegiatan yang menstimulasi matematika logis. Sekarang,jika ayash menemukan benda yang berdampingan,ia akan sampaikan contohnya ember di kamar mandi : " mi,ada dua ember :D





Dan Ciri anak dengan kecerdasan matematika logis ini,menjadi panduan untuk.kegiatan sehari hari Alhamdulillah :). Walaupun Ayash belum tau warna,tapi dia menjadi senang klasifikasi warna, jika ditanya dek "ini warna apa?" dia g jawab nama warnanya tapi dia langsung menunjuk bnda benda yg berwarna sama sambil menympaikan "mi,warnanya sama dengan warna ini" meskipun bukan sedang bermain.. Bismillah ya yash..umi fkus sm pengalaman main kamu aja, hingga pengetahuannya tersimpan di lobus lobus..mungkin Ayash tipe yang hrs bnyk eksplorasi baru memahami sesuatu.. :)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKELUMIT KISAH MAHASISWI JURUSAN TERTINGGAL “PGTK UNJ”

Game Level 2 Melatih Kemandirian Day 1

Game Level 3 Melatih Kecerdasan Anak Day 2