Games Level 10# Membangun Karakter anak melalui dongeng#day 1

Hari ini umi punya ide dongeng dengan menjadikan semut sebagai tokoh. Tujuannya agar Ayash berakhlak baik terhadap binatang,khususnya semut,karena Ayash sering sekali dengan sengaja menginjak semut. Begini ceritanya ya:

Semut yang saling tolong menolong

      Siang itu, hamparan tanaman tebu yang sedang berbunga di dataran tinggi Gayo,Aceh Tengah, bergoyang lembut saat semilir angin datang berhembus. "Pemandangan yang indah" ujar semi,si semut hitam yang sedang berada di puncak bunga tebu. Pohon berbatang lurus, meninggi ∂άn bersekat itu, dikerumuni oleh barisan semut hitam,  antrian yang penjang, hingga beberapa semut masih berada di tanah bawah pohon tebu . "Semi,aku juga ingin melihatnya" ujar sisi. "Oh,boleh tentu saja,seraya berteriak "Ayo semua bergantian". 

       Saat itu,satu persatu semut brgantian untuk menaiki puncak bunga tebu. Tiba tiba, buuuuussssssssszzz.....angin kencang berhembus dan semut semut berusaha keras untuk tetap berada di pohon tebu, ada yang tetap berada di bunga tebu,ada yang dibatang, dan ada juga beberapa masih dibawah pohon. Semut semut yang berada dibawah pohon, berteriak "Hati hati kawan,anginnya sangat kencang". Sambil,tetap berpegang erat, anginpun berhenti, tak menyerah, semut semut melanjutkan kembali tujuannya. Angin berhembus kembali lebih kencang, hingga membuat bunga tebu sangat miring. Tiba tiba Kreeeekkk..daun tebu yang panjang ∂άn sudah menguning lepas dari batangnya. Bersamaan δεηgαη itu, semut semut yan berada diatas pohon berteriak "Awaaaas daun jatuuuh", tetapi teriakan itu tidak dapat menghentikan daun,jatuhlah daun, dan menimpa para semut yang berada dibawah.

         Dengan segera, semut semut turun dari pohon dan berusaha menyelamatkan semut semut dari timpaan dedaunan, mereka bergotong royong menarik daun, mengangkat daun agar semut semut selamat, ∂άn bravoooo, semut semut tak ada yang terluka. Baru saja tersenyum lega, tiba tiba ada teriakan .."Tolong......tolong....". Semut semut menoleh ke kanan,ke kiri mencari sumber suara,dan ketika menoleh keatas, ternyata salah satu semut sedang bergelantungan, ∂άn kesulitan untuk turun. Sumber suaranya berasal dari semut di bunga tebu.
    
  Semut semut punya ide untuk menyelamatkan teman. Mereka menarik daun tebu yang tadi terjatuh, kemudian diangkat tepat satu arah dengan semut yang akan terjatuh,agar posisnya tepat. "Ayo teman,lepaskan pelan pelan". Akhirny semut memberanikan diri melepaskan pegangannya ∂άn menjatuhkan diri kedaun seraya berteriak "aaaaaaaaaaa". Semuanya pun tersenyum lega, saling mendekap dan berucap terimakasi :). Persaudaraan yang indah

Oleh: Naisa Maulidia


Ceritanya jika ditulis cukup panjang, tp klo diceritain, engga panjang kok ternyta cepat.. Kisah ini menarik bagi Ayash,terlihat binar matanya,karena saya menceritakannya sambil berilustrasi walaupun gambarnya begono :D. Cerita sudah selesai, tapi Ayash minta nambah gambar,"gambar orang mi". Umi pun menggambar wanita yang sedang menginjak semut, ternyata respon Ayash marah marah pemirsaaaaaa ..wkwkwk.. dia bilang "Umi,engga boleh semut kan baik".

Umi rada kaget,Ayash ekspresinya serem bgt mak, brasa diomelin uminya..haha.. tapi engga apa,berarti Ayash mengerti jalan ceritanya.


#HariKe1
#GrabYourImagination
#KuliahBunsayIIP
#Level10
#MembangunKarakterAnakMelaluiDongeng
#Tantangan10hari
Iklan




         

      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKELUMIT KISAH MAHASISWI JURUSAN TERTINGGAL “PGTK UNJ”

Game Level 2 Melatih Kemandirian Day 1

Game Level 3 Melatih Kecerdasan Anak Day 2