Pendidikan anak dunk....

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Pendidikan anak juga dapat diartkan sebagai usaha sadar orang dewasa atau para penndidik untuk meningkatkan berbagai aspek perkembangan anak (emosional, kognitif, fisik, motorik,seni) menuju kematangan perkembangan dengan berbagai macam stimulasi.

Pendidikan anak usia dini juga diberikan kepada anak untuk memaksimalkan potensi, dan meningkatkan kinerja otak, menguatkan sinaps dan neuron sehingga tidak terjadi atrofi(penyusutan). Apabila sinaps semakin menguat, maka perkembangan otak anak, dan kemampuan anak semakin berkembang dengan baik, namun apabila sinaps semakin melemah, maka akan terjadi kelambatan dalam perkembangan anak, bahkan dapat tejadi kelambatan dalam proses kematangan perkembangan. Masa kanak-kanak merupakan golden age (masa keemasan), yang harus dimanfaatkan, distimulasi semaksimal mungkin sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anak usia dini agar menjadi anak yang berkualitas, baik dari segi kognitif, emosional dll.

Anak merupakan sosok individu yang dapat berkembang secara fundamental, artinya, perkembangan satu mempengaruhi perkembangan lainnya, dan perkembangan atau kematangan pada usianya berpengaruh pada usia selanjutnya. Pada perkembangan masa kritis ini diperlukan stimulasi yang berguna untuk menumbuhkembangkan dan meningkatkan potensi anak. Dalam menstimulasi anak diperlukan pola asuh yang baik. Sehingga orang tua harus sabar dan dapat mengantarkan anak berdasarkan tahap pertumbuhan, perkembangan, keunikan dan kebutuhan anak sesuai zamannya.

Semangat belajar...siapkan perbekalan dari sekarang..untuk menjadi orang tua yang baik...
Kuntun khoiru ummat..

Tapi melahirkan umat terbaik seperti Al-Imran 110...juga harus dari orangtua yang baik

Icha tea

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKELUMIT KISAH MAHASISWI JURUSAN TERTINGGAL “PGTK UNJ”

Game Level 2 Melatih Kemandirian Day 1

Game Level 3 Melatih Kecerdasan Anak Day 2