Tafakkaruu fi Khalqillah #part 1: Gigi

                                                            
                                                                              image from http://www.jomkongsistory.com


Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”
(At-Tin ayat 4)
Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu bagikaan binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai. (Al-A’raaf [7]: ayat 179)




Sob, kali ini kita bahas tentang gigi :D.. kita mulai membaca ayat Allah dari hal yang melekat pada tubuh kita :D

Apa maksud Allah menciptakan gigi? mengapa hewan juga mempunyai gigi? :D

Pernahkah kalian sebagai orang dewasa memperhatikan jumlah gigi kalian di depan cermin? mari renungkan mulai dari hal yang melekat pada diri kita....

Tadi pagi saya menghitung, gigi seri saya berjumlah 8 buah, gigi taring berjumlah 4 buah, gigi graham depan berjumlah 8 buah, gigi graham belakang berjumlah 12 buah..jumlah seluruhnya seharusnya 32 buah, yang masih baik tinggal 8 buah gigi seri, 4 buah gigi taring dan beberapa buah gigi graham :'( ..waw saya sadar banyak dari diri ini yang terabaikan...

Yuk kita ulang pelajaran kita di waktu SD :D

Gigi Seri (incisor): 8 buah
Gigi seri adalah gigi yang memiliki satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda lainnya.
 Gigi Taring(canine): 4 buah
Gigi taring adalah gigi yang memilki satu akar dan memiliki fungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya.
Gigi Geraham Kecil (premolar) 8 buah
Gigi graham kecil adalah gigi yang punya dua akar yang berguna / berfungsi untuk menggilas dan mengunyah makanan atau benda lainnya.
 Gigi Geraham(molar) 12 buah
Gigi geraham adalah gigi yang memiliki tiga akar yang memiliki fungsi untuk melumat dan mengunyah makanan atau benda-benda lainnya.
Formula gigi manusia

Mengapa Allah menciptakan lebih banyak gigi geraham dibanding gigi lainnya?
Chek it out:
Gigi pada Herbivora
example: Kuda
Bentuk gigi berhubungan dengan jenis makanan hewan. Pada hewan herbivora lebih banyak memiliki gigi geraham, yang berfungsi untuk mengunyah rumput atau sayuran yang sulit dicerna.
GIGI PADA KARNIVORA
Example: Harimau

Karnivora membutuhkan taring utnuk merobek, daging mudah dicerna. Hewan karnivora dapat menelan tanpa membutuhkan geraham terlebih dahulu untuk dicerna.
GIGI PADA HEWAN OMNIVORA
Example: Monyet
Monkeys veggies include turnips, carrots, sweet potato, corn, green beans, and lettuce. Monkey fruits include mangoes, apples, bananas, they NEED to eat citrus fruit because their bodies do not synthesize vitamin c.
 :D (Oh begitu :)... )

Lalu kenapa gigi graham manusia lebih banyak dari gigi lainnya?
Masih ingat tentang asam amino atau amino acid? ada 12 asam amino yang diproduksi oleh tubuh kita sedangkan 8 lagi haruus kita cari dalam makanan.. Asam amino adalah penyusun proteinTidak tercukupinya protein dalam asupan makanan sehari-hari akan menimbulkan dampak yang sangat serius bagi tubuh kita. Secara umum, kekurangan protein akan mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan sel dan jaringan tubuh sehingga sistem tubuh tidak akan berjalan optimal.
Asam Amino esensial adalah asam amino yang tidak di produksi oleh tubuh, antara lain sebagai berikut:
  1. Triptofan merupakan asam amino esensial, ini merupakan beberapa sumber di dapatkan dari karbohidrat. Triptofan terdapat pada telur, daging, susu skim, pisang, susu, dan keju.
  2. Treonin terdapat pada bahan pangan berupa susu, daging, ikan ,dan biji wijen.
  3. Metionin bersifat esensial. Oleh sebab itu, harus di ambil dari bahan pangan. Sumber utama metionin adalah buah-buahan, daging (ayam, sapi, ikan), susu (susu murni, beberapa jenis keju), sayuran (bayam, bawang putih, jagung), serta kacang-kacangan (kapri, pistacio, kacang mete, kacang merah, tahu tempe).
  4. Lisin terdapat dalam protein kedelai, biji polong-polongan, dan ikan. Rata-rata kebutuhan lisin per hari adalah 1-1,5 g.
  5. Leusin banyak tersedia pada makanan yang tinggi protein, seperti daging, susu, beras merah dan kacang kedelai. Pada produk-produk susu kedelai juga banyak ditemui kandungan leusin.
  6. Isoleusin paling banyak terdapat pada oats dan jewawut. Tapi selain itu juga terdapat pada gandum, barley, beras, jagung, dan sorgum tetapi kandungannya hanya sedikit.
  7. Fenilalanin merupakan asam amino esensial yang menjadi bahan baku bagi pembentukan katekolamin. Katekolamin ini di kenal sebagai peningkat kewaspadaan penting bagi tranmisi impuls saraf. Fenilalamin terdapat pada daging ayam, sapai, ikan, telur, dan kedelai.
  8. Valin terdapat pada produk-produk peternakan seperti daging, telur, susu dan keju. Selain itu, asam amino esensial ini terdapat pada biji-bijian yang mengandung minyak seperti kacang tanah, dan wijen.
Asam Amino non-essensial yang diproduksi tubuh antara lain:
  1. Tirosin pertama kali di temukan dalam keju. Pada manusia, asam amino ini tidak bersifat esensial, tapi pembentukanya menggunakan bahan baku fenilalanin oleh enzim phehidroksilase. Menurut penelitian yang dilakukan oleh institut penelitian kesehatan Lingkungan Amerika Serikat tahun 1988, tirosin berfungsi pula sebagai obat stimulan dan penenang yang efektif untuk meningkatkan kinerja mental dan fisik di bawah tekanan, tanpa efek samping. Tirosin terkandung dalam hati ayam, keju, alpukat, pisang, ragi, ikan dan daging.
  2. Sistein sekalipun asam amino bukan esensial kandungan atom sistein hampir sama dengan metionin. Sistein juga di temukan pada bahan pangan seperti cabai, bawang putih, bawang bombai, brokoli, haver, dan inti bulis gandum.
  3. Serin pertama kali di isolasi dari protein serat sutra pada tahun 1865.
  4. Prolin fungsi terpentingnya di ketahui sebagai komponen protein. Paling banyak terdapat pada gandum.
  5. Glisin secara umum, protein itu sendiri tidak banyak mengandung glisin (kecuali pada kolagen yang mengandung glisin dari dua per tiga kandungannya). Tubuh manusia memproduksi glisin dalam jumlah yang mencukupi. Glisin terdapat pada beras.
  6. Asam glutamat karena ion glutamat yang dapat merangsang beberapa type saraf yang ada pada lidah manusia, glutamat di manfaatkan dalam industri penyedap rasa. Dalam keseharian di dapati dalam bentuk garam turunan yang di sebut sebagai monosodium glutamat atau MSG. Terdapat pada gandum.
  7. Asam aspartat sering pula di sebut aspartat. Fungsinya di ketahui sebagia pembangkit neurotransmiter di otak dan saraf otot. Aspartat juga dimungkinkan berperan dalam daya tahan terhadap kepenatan. Terdapat pada beras.
  8. Ariginin sekalipun bersifat non-esensial bagi manusia dan mamalia lain, tetapi ariginin dapat di katakan sebagai asam amino setengah esensial karena produksinya sangat bergantung pada tingkat perkembangan dan kondisi kesehatan. Pada anak-anak, ariginin sangatlah penting. Pangan sumber utama ariginin ditemukan pada produk-produk peternakan seperti daging, susu, telur, dan berbagai olahannya. Sedangkan dari produk tumbuhan, ariginin banyak ditemukan pada cokelat dan biji kacang tanah.
  9. Alanin ditemukan dalam bahan pangan bentuk lain seperti daging, ikan, susu, telur, dan kacang-kacangan.
  10. Histidin bagi manusia, histidin merupakan asam amino yang esensial bagi anak-anak. Terdapat pada jagung.
  11. Glutamin merupakan asam amino yang dikenal pula dengan sebutan asam glumatik. Asam amino ini berfungsi sebagai bahan bakar otak yang mengontrol kelebihan amonia yang terbentuk dalam tubuh akibat proses biokimia. Secara alami, glutamin di temukan dalam gandum dan kedelai.
  12. Asparagin di perlukan oleh sistem saraf untuk menjaga kesetimbangan dan di perlukan pula dalam transformasi asam amino. Asparagin di temukan pula pada daging (segala macam sumber), telur dan susu (serta produk turunanya).

Nah pasti ada maksud Allah menciptakan gigi geraham lebih banyak dibanding gigi lainnya
kebutuhan protein yang terdapat dalam sayuran sangat tinggi....agar pencernaan tidak bekerja terlalu keras  dalam mencerna sayuran maka Allah menciptakan geraham...
Coba perhatikan kebiasaan makan Rasulullah 
(dikutip dari http://azzahrablog.wordpress.com/category/islam/)

1. Setelah subuh, Rasulullah SAW meminum segelas air yang dicampur dengan sesendok madu asli;
2. Ketika masuk waktu dhuha, Rasulullah SAW selalu makan tujuh butir kurma matang;
3.Menjelang sore hari, Rasulullah SAW mengkonsumsi cuka dan minyak zaitun, tentu saja dikonsumsi dengan makanan pokok, seperti roti 
4. Di malam hari, menu utama Rasulullah SAW adalah sayur-sayuran;
5.Jika sedang berpuasa, Rasulullah SAW berbuka dengan segelas susu dan kurma, kemudian sholat magrib;
6. Tidak makan lebih dari satu jenis makanan panas atau makanan dingin secara bersamaan;
7. Tidak makan ikan dan daging dalam satu waktu;
8. Tidak langsung tidur setelah makan; 
9. Tidak terlalu banyak makan daging
Menu utama Rasulullah pada malam hari adalah sayur-sayuran.. dan Rasulullah tidak terlalu banyak makan daging...
Kalau mau diperdalam banyak lagiiiiiiiiiiiiiiii...kita akan semakin mengakui kebesaran Allah
Mari asah kemampuan berfikir kita.. Tafakkaruu fi Khalqillah!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKELUMIT KISAH MAHASISWI JURUSAN TERTINGGAL “PGTK UNJ”

Game Level 2 Melatih Kemandirian Day 1

Game Level 3 Melatih Kecerdasan Anak Day 2