Game1 Level1 Komunikasi Produktif Day 3

Hoaaaaam..weekend tetep nulis semangaaat :) ini semua adalah tekad agar komunikasi produktif ini dapat menjadi habit :), tetapi menulisnya menunggu Ayash tidur malam dulu,biar fokus :). Yaiyalah biar fokus,secara usia 2 tahun ini Ayash betul betul butuh pengawasan,pendampingan dan pijakan serta aturan aturan yang kuat. Karena aktif sekali bergeraknya,bicaranya,ingin mencoba banyak hal, dan perlu pijakan kuat dari orangtuanya atau orang dewasa sekitar,agar jadi anak yang percaya diri. Karena kalau merasa diabaikan diusia ini hmmmm efeknya adalah anak menjadi ragu,malu dan gak PD.

Usia 2 tahun itu kalo kata teori psikososialnya erik erikson lagi fase autonomy Vs doubt or shame, yaitu lg fase kemandirian Vs ragu atau malu. Perlu orang dewasa untuk mengapresiasi segala usahanya,perlu orang dewasa untuk mnjadi tempat bertanyanya dsb. Dan hari ini adalaaah hari ketiga menerapkan Komunikasi Produktif..Yeay, salah satu metode tepat untuk Ayash agar membangun mandirinya,rasa percaya dirinya, karena mulut itu bisa jg jd sarana kekerasan verbal.. jangan ya Allah.. Semoga lisan ini.senantiasa terjaga..aamiiin :). Oh iya lanjut dah begini ceritanya...

Pagi hari, seperti biasa sudah mandi, mandinya akan lebih diawal waktu lagi jika ngompol, Ayash belum sukses Toilet Training :(, emaknye masih perlu banyak belajar. Nah,hari ini ngompol. Untuk urusan istinja ini ayash kadang kadang berinisiatif langsung cebok,tapi kadang kadang perlu waktu lamaaaa banget untuk ngajak ke kamar mandi, seperti hari ini

Umi: Ade, apa yang terjadi kalau engga cebok? (Kendalikan intonasi,ramah,megendalikan emosi)

Ayash: engga mauuuu,engga mauuu

Umi: akan ada aroma bau, dan kumannya bisa berkembang biak..hiiii serem, nanti ade jadi gatel2 gimana? (Nah ini mulai rasa rada fiktif)..kurang produktif komunikasi..huhu..>evaluasi hari ini: harusnya bisa diterapin komprod fokus pada solusi bukan masalah..tapi refleks karena blm biasa..huhu

Ayash: engga mau engga mau

Umi: mau berjalan sendiri atau umi angkat? > evaluasi:harusnya dbagian ini umi bisa memberikan pilihan yang lebih nyaman karena memberikan pilihan itu untuk mengganti kalimat perintah :(

Ayash: engga mau engga mau

Umi: umi hitung ya sampai 5 ..1,2.3,4,5
Ayash masih merengek aja lalu umi ucapkan maaf Ayash,umi harus angkat karena cebok itu penting sekali,umi mau kamu jadi anak sehat >evaluasi: padahal ini bisa jadi peluang untul empati :( tapi gaya bahasanya salah

Diangkatlah Ayash ke kamar mandi

Nah umi pikir bakal ada tragedi besar atau drama drama gitu,tapi ternyata dia malah excited di kamar mandi :) Alhamdulillah, itupun karena dia sambil berkegiatan buka tutup ember,tuang isi air. Ceboknya sekalian mandi..daaaaan taraaaa seneng banget ngeliat Ayash pagi pagi sudah rapi dan wangi. Lalu dia pilih kegiata main peran jadi emak emak,kali ini anaknya adalah boneka monyet yang sebelumnya g pernah dipilih sama sekali (duuuh sayang g difotoin niiiih), didorong dorong lah bonekanya. Adanya foto media mainnya doank :D



Habis dorong dorong bonekanya ke belakang rumah, kembalilah Ayash ke rumah. Lanjut bermain di dalem rumah, yaitu main funny brick,sejenis lego gitu tapi kayak puzzle,apa ya namanyaaaa. Seminggu ini,kegiatan yang sering dia pilih selain main peran yaitu main funny brick ini, dialogpun dimulai:

Ayash: Umiiiiiii, aku bisaaaaa (memperlihatkan karyanya)
Umi: Masya Allah, Ayash membangun bentuk apa? Selamat ya ayash punya ide baru,kreatif. (Memperjelas pujian)
Ayash: Aku membuat mobil aku
Umi: mobil apa? ,(ini salah pertanyaannya,Ayash kan belum punya referensi tentang mobil..haha..dasar umi)
Ayash: mobil bis (lah iyaaa ayash taunya bis..huhu)
Umi: Apa saja ciri cirinya
Ayash: ada rodanya,ada orangnya
Umi: rodanya disebelah mana?
Ayash: menunjuk bagian samping mobilnya
Umi: Orangnya dimana?
Ayash: Orangnya g ada umiiii, legonya manaaa? (Lego orang orangan)
>evaluasi: terlalu banyak menginterogasi, padahal bisa terapkan komprod dengan pertanyaan observasi :(
Umi: Ayash perlu.dibantu? Umi.menyimpannya di lemari, mau ambil sendiri?
Ayash: engga mauuu,ambilin
Umi: bagaimana bicaranya?
Ayash: Umi..tolong (lalu umi verbalkan caranya dan ayash mengikuti)



Kegiatan pun terus berlangsung dan Ayash sangat senang sekali dengan karyanya itu :)

Hmmm.. evaluasinya cukup banyak.. hari ini banyak komunikasi yang belum tepat padahal banyak peluang..huhu..semangat naisa besok coba lagi :(

Jadi hari ini Komprod yang diterapkan adalah mengendalikan emosi, Ramah dan kendalikan intonasi, Jelas dalam memberikan pujian, Mengganti perintah dengan pilihan(walau masih belum tepat).




#hari3
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsay
#institutibuprofesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKELUMIT KISAH MAHASISWI JURUSAN TERTINGGAL “PGTK UNJ”

Game Level 2 Melatih Kemandirian Day 1

Game Level 3 Melatih Kecerdasan Anak Day 2