Game Level 2 Melatih Kemandirian anak day 2

Мαкαη sendiri
Anak seusia Ayash(31 bulan) dalam tahap perkembamgannya sudah punya kemampuan untuk мαкαη sendiri, bahkan dalam sebuah teori,kemampuan menggunakan sendok untuk мαкαη muncul/dimulai pada usia 18 bulan, dengan catatan sudah tuntas tahap tahap prkmbangan di usia sebelumnya. Keterampilan keterampilan seperti makan sendiri,melepas ∂άn menggunakan pakaian sendiri,juga kemampuan beres beres sangat bergantung kepada kematangan aspek perkembangan fisik/motorik. Untuk melatiuketerampilan makan sendiri ini upaya yang sya lakukan adalah:

1. Setting main sensorimotor setiap hari, seperti meremas dengan spons,tuang isi air δεηgαη berbagai media, dressing frame (mengkancing berbagai jenis kancing,resletting, dsb), meronce, bermain peran untuk mengutkan kmampuanny biasanya ayash bermain ibu ibian δεηgαη temannya,smpai menggunkn kostum, menyuapi boneka ∂άn sekolh2an Itu semua dmaksudkan untuk kematngam fisik motorik. Kemampuan mnggunakan sendok sudah baik,tanpa tumpah.Tapi belum menjadi kebiasaan мαкαη sendiri. Kami masih harus merubah kebiasaan mkan sambil main dsb :(. Ini yg perlu dibangun konsistensinya.


main peran sholat jadi punya keterampilan bru pakai mukena sendiri




2. Mengenalkn adab мαкαη
    Ayash masih blum bisa lama duduk,pasti ada gogoleran heula :(. Mulai saat ini harus konsisten menerapkan aturan мαкαη.

Kalo Ayash sumberny dari buku Setan? Siapa takut!

Ini dia aktivtas saat мαкαη kemarin,kadang di meja kdang dibwah








Melepas ∂άn memakai pakaian sendiri

Sebelum mandi Ayash melepas pakaiannya sendiri di kamar mandi, kalau celana sudah tanpa bntuan,kalo kaos atau kemeja apalagi gamis masih δεηgαη bantuan. Kmudian mulailah mandi sampai tuntas, pakai handuk,keringkan badan lalu bersiap untuk pakai bju

Hari ini Ayash memilih baju sendiri,tapi dia tidak mengambil di lemari, malah mengambil di tumpukan yg blm dilipat,habis dah diobrak abrik :). Bajunya lecek sekali, lalu umi lontrkan pertanyaan: apa ayash nyaman melihat bajunya? Ayash jwab: "engga mi", Perlu diapakan ya agar terlihat rapi? Aysh menjawab "setrika". Lalu umi sediakan mainan setrikaan untuk dia agar tidak ikut menyetrika δεηgαη setrika beneran, Aysh langsung mngambil bajunya ∂άn meyetrika,kemudian umi mlanjutkan menyetrka bgian dalam δεηgαη setrika aseli :D







Setelah itu ia semngat pakai baju sendiri :) dibantu sedikit,dbri pijakan ∂άn kemudian bersiap untuk kgiatan selanjutnya :)


#Harike2
#Tantangan10Hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKELUMIT KISAH MAHASISWI JURUSAN TERTINGGAL “PGTK UNJ”

Game Level 2 Melatih Kemandirian Day 1

Game Level 3 Melatih Kecerdasan Anak Day 2