Game Level 2 Melatih Kemandirian day 4

Melatih fokus saat мαкαη


Anak makan sendiri tanpa bantuan adalah hal yang bikin greget seorang emak macam saya (˘̩╭╮˘̩). Melatih kemandirian мαкαη sendiri ini membuat banyak jurus keluar..hihi..melatih kmandirian ini terasa menjdi sulit karena sya harus merubah kebiasaan makan Ayash yang dulu dari umur 1 tahun suka makan sambil liat anak bermain. setelah dia bisa berjlan, мαкαη bukan hanya sambil ngeliatin tapi sambi main pemirsaaaah. Jadi sebetulnya membangun kemandirian dalam diri ayash yg kemudian banyak drama nya, itu jg ada penyebabnya. Penyebabnya yaitu kbiasaan dahulu saat mpasi. Ayash sudah bisa мαкαη sendiri tetapi belum bisa fokus ∂άn tuntas. Contohnya saat makan kali ini, Ayash makan sambil berlarian,dia menyendok sendiri setelah itu lari lari. Kemudian menyendok dan berlari,sampe uminya bingung caranya gimana agr ia mau duduk.

Lalu jurus apaaa yang bisa diterapkaaaaaaan?

tentunya jurus komunikasi produktif (tetap ramah dan atur intonasi) itu sangat penting dterapkan. Selain itu jurus 3 M (Tidak Marah, Tidak Melarang, dan Tidak Menyuruh)

∂άn juga jurus 5 kontinum

1. Visually Looking On
Umi ngeliatin Ayash δεηgαη dekat,biar dia merasa banget emaknye tuh lagi merhatiin* adakalanya kalo diliatin doank dia ngerti ada yg tidak tepat.. Nah ini g mempan pemirsa..Cuuuus 
╔╗╔═╦═╗╔╦╦╦══
║║║║║║║║║║╠╗╔
║╚╣╦║║╠╝║║║║
╚═╩╩╩╩╩═╩═╝╚ ╝║╝╗ ke jurus berikutnya..... (duuuh ini Hp pinjeman,otomatisnya muncul lagi :(

2.Non directive Statement
"hmmmm kayaknya ada adab yang belum tepat nih"
engga ngaruh pemirsaaaaa..bingungin kali ye bahasa eyke

3. Question
"Apa yang terjadi kalau makan sambil berlari?"

eh g dijawab pemirsa.. 
╔╗╔═╦═╗╔╦╦╦══
║║║║║║║║║║╠╗╔
║╚╣╦║║╠╝║║║║
╚═╩╩╩╩╩═╩═╝╚ ╝║╝╗ daah y jurusnyaa 


4. Directive Statement
"adee, kata Nabi kalau makan harus duduk,berdiri itu caranya syetan"

engga ngaruh pemirsaaaa...yaudah kita masuk ke jurus selanjutny yaaaa

5. Physical Intervention
"eyke tangkep ayash,dia malah seneng banget berasa dikejar kejar kali ya..eyke dudukin, terus ambil buku cerita dan buka halaman tentang adab, baru dah mau duduk..terjadilah percakpan stealh mnyampaikan cerita
 U:jadiiii klau makan haruuuus?
A: baca doa umi,lgsg inisitif brdoa
U: boleh g sambil jalan2
A: engga boleh nanti ada dasim
U: Harus duduk y?
A: iya umiiii

Alhamdulillah akhirnya duduk, tp ttp g sampe akhir duduknya.. beberapa menit kemudian gogoleran heula ...ayaaaash.ayaaaash





Memakai Pakaian sendiri

Hari ini Ayash seperti sedang menunjukkan bhwa dirinya tuh sudah bukan bayi lagi, tp kayak keliatan lagi modus..wkwkk. Soalny Ayash melontarkan perkataan seprti ini:
"Umi,aku udah gede donk,bisa pake baju sendiri, bisa ke kamar mandi cebok sendiri, aku mau sepeda ya mi" :p. umi dan abi suka terkekeh ngedengeri bhasanya anak ini,MasyAllah naaaak bahasamu ituuuuu..
Iya sih bener,Ayash bisa pake baju sendiri meski blm konsisten, tapi kalo ke kamar mandi cebok sendiri ituuuuu apa ya namanya, engga hoax juga sih ..karena emng bener dia ke kmar mandi sendiri,lepas celana sendiri, ∂άn ceboknya nyiram2 area v nya sambil berdiri..tapi itu setelah bocooorrrrr..setelah ngompol inisiatif ke kamar mandi... kemudian umi dan abi jd detektif nyari2 pipisny dmana.. kadang kalo lg pada fokus dgn kgiatan masing masng begitu, umi di dapur,Ayash main di ruang depan, Abi jg diruang depan tp ngoprek2 alat2,jd g bs bgitu fokus ke Ayash.

Nah demi membuktikan dirinya bukan bayi,dan sudah layak punya sepeda (ini sh perkiraan umi ya dari gerak geriknya), Ayash mnolak bantuan loh,saat dia pakai baju :D..mudah2an istiqomah ya dek.

dia bilang gini ke abi nya yg saat itu berinisiatif membntu

"iiiih jangan bantuin akuuuuu,aku bisa"

hehheheh

Alhamdulilah,kita bner benr terkekeh2 melihat perkembangnnya Ayash.







#Harike4
#Tantangan10Hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKELUMIT KISAH MAHASISWI JURUSAN TERTINGGAL “PGTK UNJ”

Game Level 2 Melatih Kemandirian Day 1

Game Level 3 Melatih Kecerdasan Anak Day 2