Games Level 5 Menstimulus anak suka membaca Day 1


Anak Suka Membaca itu udah bener bener jadi keinginan emak bapake Ayash. Prosesnya sudah mulai di dalam kandungan, beberapa tahap yang harus dilalui daam meningkatkan keterampilan berbahasa dalam PDF IIP  terdri dari Tahap Mendengarkan, Tahap Berbicara, Tahap Menulis ∂άn Tahap Membaca sudah mulai diterapkan. Nah, tapi banyak juga yang belum nih,maka perlu di evaluasi dari tahap Awal agar tahu mana yang perlu di konsistenkan :).

1. Tahap Mendengarkan
 
   Sejak dalam kandungan, umi rajin meverbalkan apa yang umi lakukan, memverbalkan segala yang baik baik,juga menceritakan buku buku khusus tentang baginda Nabi Muhammad S.a.w, Membacakan Alquran, bahkan saat hamil adalah momen paling mudah untuk menghafal Alquran. Tapinya,kadang kadan bayinya diajak curhat juga :D. Kemudian setelah Ayash lahir, rajin juga memverbalkan apa yang Ayash lihat ∂άn rasakan. Rajinan dulu ye rasenyeeee.. bahkan kalau lagi mandi matahari aja,uminy ngoceeeeeh terus engga abis abis tentang nikmat Allah, sinar matahari,kandunganya dsb, ∂άn karena emangnye lupaan, biarpun malemnye ensiklopedia udah dibaca buat bekel ngoceh,ttep aje ada yang lupa,biasanya eyke langsug ngibrit вαωα ntu ensiklopedia dalam stiap aktivitas.

    Ngoceh bermakna itu menjdi kebiasaan sampe sekarang. Tapinya sekarang kurang berbobot gitu, sama kaya berat badan aye yang engga nambah nambah :(. Makanya entu, tugas iip nih bikin aye jadi semangat lagi untuk ngecharge otak,baca yang bner, biar ngomong berbobot dikit,jangan bisanye ngomel doank y cha..

     Nah ada buku bagus banget yang bikin kita semangat untuk berbicara bermakna pada anak yaitu buku Mengapa Syurga dibawah Telapak Kaki Ibu,karangan salah satu tokoh favorit yang kalau sudah bicara MasyaAllah bermaknaaaaaa,berbobot,menyntuh hati luar biasaaaa yaitu ibu Drg. Wismiarti Tamin. Berikut salah satu kutipan dalam bukunya

"Pada Kehamilan berusia enam bulan, otak pusat pendengaran yang ada di otak pusat berpikir sudah berfungsi, janin sudah dapat mendengar apa yang ibunya dengar maupun apa yang ibunya ucapkan dan kemudian semua itu akan tersimpn di limbicnya, dibagian ingatan jangka panjang. Semua dialog δεηgαη janin, semua kegiatan akan membangun perkmbangan otak janin. Oleh karena itu, bila ibu rajin bicara pda janin maka kemampuan mendengar janin akan terbangun, hal ini merupakan jejak perjalanan ibu δεηgαη janin".
Ini buku,emang harus dibaca terus terusan biar ngingetin terus. Nah dari Tahapan mendengarkan ini, yang prlu icha ßαήĞυή untuk Ayash dan dijadikan kebiasaan adalah poin yang terakhir yaitu mendongeng sebelum tidur. Sekrang kyk kurang brmakna gitu,malah kadang eyke тι∂υя duluan :'(

2. Tahap Berbicara

Ini tahapan bikin aye sedih :'(. Semua sih sudah dilakukan,tpi kurang konsisten. Apalagi poin yang entu tu,menginvestasikan ωαктυ sebanyak mungkin untuk mendengar suara anak..huwaaaaa.. 

Kalo main guru guruan udah setiap.hari,  Silaturrahim udah setiap hari. Tapi investasi waktu untuk mendengar suara anak,apalagi yang kaya Ayash, yang senengnya di apresiasi,senengnya ngoceeeh terus. Tapi pan kalo emaknya lagi ngajar di Madrasah dan di rumah, jadi engga bisa nanggepin bicaranya Ayash. Tapi perlu juga kan ya anak itu belajar memahami aktivitas ibunya? iya apa engga sih? apa emang harusnye kite emak emak harus selalu siap jd pendengar anak.kapan pun? bocah umur 2 tahun emang senngnya bicara dan maunya diapresiasi. Oh iya ya,jadi tiba tiba inget,dulu kan aye punya azzam/ komitmen 3 tahun pertama itu hrs ke fokus ke Ayash, knapa aye jd banyak kegiatan ya? nah entu diyaaaa.. mana udah mau 1000 hari perkembangan :(

3. Tahap Membaca

 

Alhamdulillah ini tahapan membantuuu banget, emang masih kurang banget stimulusnya pada tahap ini. Poin a (menempelkan gambar dan tulisan yang jelas di sekitar rumah) insyaAllah akan dimulai, poin b semenjak baca pdf IIP langsung ngelabelin benda benda dirumah, poin c (membuat acara membaca bersama yang seru) mau dicoba, poin d e sudah dicoba, poin f belum(membiasakan surat menyurat δεηgαη anak di rumah), poin g sudah,poin h (mengajak anak bertemu dengan pengarang buku,komikus dan penjual buku) belum,poin i,j ∂άn k sudah, poin L dan M yaitu kbiasaan membaca, dan bikin pohon literasi sedang dimulai.

Nah,bicara tentang pohon literasi, gambar paling atas entu, bener bener bikin semangat, itu gmbar bagus banget suami yang bikin, eyke mah cm ngewarnain doank, dan Ayash tim pemuji, Ayash nih pandai banget muji orang lain, biarpun aye mewarnai belepetan, Ayashmah tetep aja mujiiii yang bagus bagus :). InsyaAllah kami semangat untuk membuat pohonnya Rimbun.

Ayash hari ini sudah membaca dua buku,umi 1 buku dan abi 1 buku.. nah itu gambar pohonnya belum update. InsyaAllah hari berikutnya dibahas :) Sekarang mau fokus sm tahap keterampilan berbahasa dulu, karena tentunya semua itu penting dalam menstimulasi kecintaan anak terhadap buku.

4. Tahap Menulis

    

Tahap menulis ini juga bikin.eyke kagum sama Ayash. Karena emang dari umur 11 bulan udah seneng corat coret. Kami selalu menyediakan kertas HVS,papan tuli ∂άn memberi pijakan bahwa menulis itu diatas kertas, tapi tetep aje pas mamake ke dapur,habis dah tembok.  Sekarang tahap menggambar dan menulisnya masyaAllah sudah mulai membntuk benda aselinya,walaupun masih ngambang. Alhamdulillah setiap hari jurnal dan sedang sangat suka menulis walau belum membentuk huruf,tapi Ayash mulai memberikan identitas pada karyanya. Semakin banyak juga ide ide yang tertuang. Terkait tahapan menulis ∂άn membca juga Sebetulny msih kurang konsisten,perlu pijakan dari uminya agar konsisten dan naik tahapan.
 menggambar masjid

menulis identitas diri pada karyany


setiap hari menulis cerita

Dari tahapan menulis ini kegiatan yang insyaAllah mau dijadikan project keluarga adalah membuat buku "diary keluarga" :)


#Day 1
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKELUMIT KISAH MAHASISWI JURUSAN TERTINGGAL “PGTK UNJ”

Game Level 2 Melatih Kemandirian Day 1

Game Level 3 Melatih Kecerdasan Anak Day 2