Level 5 Menstimulus Anak Suka Membaca Day 5

Pohon literasi makin rimbun. Rimbun dengan buku buku yang Ayash baca sedangkan umi.dan abi masih dsitu stu aja
:(. Soalnya buku yang umi baca seru banget dbca berulang ulang..Jadi itu pnyebab lama banget nambah halaman :D.  Yasudah aku jelasin yang lain aja ya.. g bahas pohon literasi dulu :D


Pada hari ke 5 ini aku mau jelasin tahap tahap menstimulus anak suka membaca yang sumbernya dari PDF IIP. Sebetulnya lbh tepatnya Menstimulus aspek berbahasa yang tentunya semua ini penting loh menjadi proses agar anak.suka membaca.

Tahapan yg mau dibahas,tahapan yang belum pernah dilaksanain aja

Tahap Mendengar
1. mendongeng sebelum tidur
    Umi tuh dari waktu Ayash dalam kandungan sukanya ngedongengin Ayash yang sumbernya dari Nusantara Bertutur:

https://advisual.kompas.id/nusantara-bertutur/arsipbyname.html


cerita ceritanya tuh bagus banget, pngen banget bisa nulis bgitu. Aku tuh pengen banget punya kemampuan kemampuan yang bisa nyenengin anak anak di seluruh dunia. Tapinya dulu kurang giat berlatih. Jdi skarang skillnya :( pengen bisa musik,pengen bs dongeng,pengen jd orang yg lucu ∂άn bs bkin ketawa anak anak. Mataku berbinar kalo anak anak bahagia.

Lah kok jd curhat...


Dulu juga sering banget sebelum tidur nyeritain ke Ayash buku buku yg simpel.gitu isinya.. karena aku pikir anak masih terbatas dalam menangkap sebuah cerita. Tp ternyata buku buku yang aku suka bacain itu masuknya ke kategori "twaddle book". Sehrusnya punya koleksi bukubuku yang sart maknya atau dsebutnya "living book". Tahu pertama kali.istilah itu dari mba Wanda Soepandji.. Terimakasih.mba wanda..  Jadi ibarat junkfood sm makanan bergizi, Livingbook ini makanan bergizi buat mental anak. Alhamdulillah kadang kadang ngebacain living book sbelum Ayash tidur..belum rutin.. pengennya sih ada kisah kisah islam.gitu yang livng book :), kedepanny mau komitmen sebelum tidur mendongeng,pas Ayash tidur baru memperdengarkan minimal 20 surat pendek ∂άn kata kata positif. Bismillah. Bisaaaaaa!

Pertama bacain living book ragu.gitu,kirain Ayash g bakal nyimak, soalnya bahasanya memang MasyaAllah bikin kita jadi ngebayangin..

http://cmindonesia.com/living-books-apa-itu/living books, tulisannya bunda Ellen Kristi ada penjelasan bawa living book itu mengandung ide-ide luhur yang menggerakkan anak untuk mengingat, merenungkan, atau memvisualisasikannya. Ide-ide itu mengeram dalam benak anak lama setelah buku selesai dibaca, membuatnya tergugah, membentuk kepribadiannya secara positif.

Ternyata Ayash bisa nyimak,inget ceritanya ∂άn banyak tanya. Cuma aku blm tau list living book. Kayaknya tipe tipe Ayash emang cocok bgt dibacain buku ini sebelum tidur. Tapi kalo pas lagi melek harus yang menarik gambarnya baru dia mau baca.

Tahap membaca

 1.menempelkan gambar dan tulisan yang jelas di sekitar rumah

Belum dimulai niiih,ada poster timbul tapi klihatanny kurang jelas. Sebetulnya agak bingung sama stimulus fase yang ini. Harus gambar benda ape gambar silsilah keluarga boleh engga ye..

 2. ngelabelin benda benda dirumah



       Sebenernya ini ide udah lama,tapi baru kesampean sekarang :D. Emang deh IIP itu slalu bantu untuk mewujudkan mimpi mimpi aku. Tapi bagusnya ditulis tangan apa dketik ya?
      Respon Ayash bagus, Jadi kalo liat tulisan itu langsung disebut nama bendanya. Terus malah ikutan pengen ngelabelin juga pake tulisan khasnya :)


3. membuat acara membaca bersama


   Nah foto ini,salah satu kegiatan Ayash membaca sambil berjemur matahari diatas loteng :D.. ini sih bukan konsep kegiatan bersama, emang udah dari dulu meja besar di loteng tersebut jadi sarana ayash untuk pertunjukkan, nyanyi,nari atau dy menceritakan kembali buku yang dia baca,dsini kami jg suka main peran naik angkot,mungkin kedepannya harus ada skenario naik angkot ke toko buku :).


4. membiasakan surat menyurat δεηgαη anak di rumah
    Nah ini rencananya mau dibiasain dulu sama umi abi.Kalo sekarang Ayash lagi sukanya tanda tangan surat. Biasaaaa, anak operator sekolah.. yg setiap pulang abi bawa kertas2 laporan yang udah gak dipake, buat Ayash jadiin karya ..lain kali kita daur ulang aja ya yaaaash.. banyak kertas numpuk :p

 5.mengajak anak bertemu dengan pengarang buku,komikus dan penjual buku

Bismillah,semoga ini terwujud ya deeeek. Kalo penjual buku mah sudah, tapi penulis buku dan komik belum.


6. kbiasaan membaca, dan bikin pohon literasi sedang dimulai


Alhamdulillah Ayash semakin bersemangat :D

Tahap Berbicara

1. menginvestasikan ωαктυ sebanyak mungkin untuk mendengar suara anak

   Mengurangi kegiatan dan lebih komitmen dengan waktu main Ayash.

Tahap Menulis

1.membuat buku "diary keluarga" :)
   Rencananya mau membuat jurnal syukur keluarga. Menulisnya di dalam buku yang kami buat,melibatkan anggota keluarga untuk menghias bukunyaaa :)


#Harike5
#GamesLevel5
#Tantangan10hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKELUMIT KISAH MAHASISWI JURUSAN TERTINGGAL “PGTK UNJ”

Game Level 2 Melatih Kemandirian Day 1

Game Level 3 Melatih Kecerdasan Anak Day 2