Level 5 Menstimulus Anak Suka Membaca Day 6


Hari ke enam ini Ayash masih mengulang ulang membaca buku seri Tauhid anak.
Seri 1: Kita Beribadah Hanya Kepada اَللّهُ
Seri 2: Apa yang kita ketahui tentang اَللّهُ
Seri 3: اَللّهُ  Mengetahui segalanya.

Namun karena ini buku tentang Aqidah, saya pribadi harus kuat jg scara keilmuan dan harus punya referensi untuk mengimbangi. Nah saya mengimbanginya dengan Referensi buka Ustadz Abdul Shomad "37 Masalah Populer" yaitu masalah ke tiga "Memahami Ayat dan Hadits Mutasyabihat". Pada Seri ke 2 buku tauhid anak ini menjelaskan apa apa yang kita ktahui tentang Allah, bagus sekali pnjelasannya,namun pada judul bab "Di Manakah Allah"? dibuku Ustadz Abdul somad dijelaskan ada dua metode untuk memahami ayat ini.

Pertama, Metode Tafwidh: Menyerahkan hakikat dan maknanya kepada اَللّهُ
Kedua, Metode Ta'wil: Memahami dengan pendekatan makna bahasa Arab.

∂άn jika metode pendekatan makna bahasa ini digunakan makna surat Thaha:5 berarti " اَللّهُ  SWT yang Maha Pengasih menguasai singgasana, memimpin alam semesta dan mengatur khendakNya"

Amirul Mu'minin Ali ra berkata: Sesungguhnya Allah SWT mnciptakan 'Arsy untuk menunjukkan kuasa Nya, bukan sebagai tempat bagi dzatNya. Imam Ali juga berkta 'Allah SWT telah ada sebelum tempt itu ada, ∂άn ia sekarang sama seperti sebelumnya"


yaaa intinya pada seri 2 ini tetap aq bacakan, tetapi hal hal yg sekiranya akan bersinggungan δεηgαη akal sehat, aku sampaikan maknanya secra pelan pelan dan hati hti bhwa Allah berbeda dengan mkhluknya, kita tidak boleh menyerupakan اَللّهُ  Swt dengan makhluk.

Imam athThahawi berkata:
اَللّهُ  SWT Maha Suci dari batasan,tujuan akhir, sudut,anggota tubuh dan peralatan. اَللّهُ  SWT tidak diliputi arah yg enam (Kiri,kanan,depan, belakang,atas ∂άn bawah).



MasyaAllah tantangan lvel ini bner bener membuat aq jd makin bermutu perkataan dan cara berpikirnya. Alhamdulillah :)





#Harike6
#GamesLevel5
#Tantangan10hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKELUMIT KISAH MAHASISWI JURUSAN TERTINGGAL “PGTK UNJ”

Game Level 2 Melatih Kemandirian Day 1

Game Level 3 Melatih Kecerdasan Anak Day 2