Games Level 6#Menstimulus Anak Suka Matematika#Day 9

Main matematika dengan Playdouh

1. Mengenal Keras Lembek
    Batu keras ,Playdough lembek
    Saat dia bisa meremasnya,dia tau bahwa playdough lembek ∂άn batu keras. Tetapi untuk perbandingan mana yang lebih lembek diantra yang lembek,penting juga distimulus,cuma Ayash belum.



Kalo ini Ayash sudah tau,mana yang keras mana yang lembek

2. Mengenal panas,dingin
    Umi sediakan botol minum yang isinya   
    air panas, umi juga sediain playdough yang baru banget keluar dari kulkas,mestinya kalo perbndingan mungkin baiknya dengan material yang sama,nah ini karena engga dikonsep jadi bgini deh. Ayash paling seneng kalo bandingin suhu gini,sampe ketawa tawa,dia taro dipipi bahkan diinjek2.


3. Mengenal bentuk, membandingkan ukuran, menghitung dan mengenal lambang bilangan,konsep bnyak sedikit

   Alhamdulillah Ayas sudah bisa membuat bentuk dari playdough yaitu bentuk bola,bentuk lingkaran. Biar tau lingkaran ∂άn bola berbeda. Nah Ayash suka banget main peran dengan Pladough,pasti langsung jualan kue,kali ini dengam intervensi ide dari umi,kita mau bikin kue selebar piring,jadilah kita sibuk menarik narik kuenya sampai piringnya tak ada celah lagi. Lalu umi tanya "kuenya buat siapa aja?" buat,aku,abi,umi,dede(nunjuk boneka), jadi ada berapa orang semuanya? Ayash pun menghitung,menyebutnya sudah urut tapi belum korespondensi satu satu. Kemudia umi sampaikan "oh jadi perlu 4 potong kue, Satu untuk Ayash,Satu untuk umi,Satu untuk abi,Satu untuk dede. Ini secara engga langsung belajar operasi hitung sederhana loh. Ada 4 potong kue, umi kasih ke Ayash yaaa 1, jadiq berkurag kuenya,Sekarang lebh.sedikit,berapa jumlanya yaaa (meghitung bersma).. Seterusnya smpai jadi kosong :)


Masya Allah Kemudian karena Ayash tertarik.kita bikin kue seperti tdi lagi,namun umiq tinggal kedapur,saat umi kembali,Ayash antusias menyampaikan "umiiiiii aku bikin kue bandoooooo"

MasyaAllah... anak umi punya ide luar biasa. Lalu umi tanya "Wah, bagaimana caranya? "aku lipat mi,dan gulung"

:)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKELUMIT KISAH MAHASISWI JURUSAN TERTINGGAL “PGTK UNJ”

Game Level 2 Melatih Kemandirian Day 1

Game Level 3 Melatih Kecerdasan Anak Day 2