Games Level 7#Semua Anak Adalah Bintang#Day 5

Menyediakan beragam kegiatan,mana yang Ayash pilih pertama?

Rencananya Ayash bangun tidur jurnal pagi,kenudian umi mau mengenalkan surat Alkautsar, karena Ayash memang baru hafal sampai Alkafirun.. Lebih mentadabburi makna surat Alkautsar dan mengajak Ayash untuk mnsyukuri nikmat,mengingat nikmatnya. Kemudian setelah sampaikan materi umi memberikan banyak kesempatan main untuk Ayash, dan Ayash akan pilih kgiatan tersebut dan memainkannya sesuai materi.. Selama Ayash main,umi mau ngoceh aja tentang materi,insyaAllah..

Ragam kegiatannya antara lain:

1. Main pembangunan (balok)
2. Main masak masakan
3. Membuat karya seni (menjiplak,menggunting,kolase)
4. Melukis

Uminya penasaran..Ayash akan pilih apa pertama kali :)

Bangun tidur Ayash udah minta menggunting

Tapi umi coba bacain alkautsar dulu sambil bahas artinya dan menyebutkan ciptaan Allah, yang Ayash sebutkan seputar matahari, bulan,bintang..MasyaAllah. Jadi inget Ayat tentang kekuasaan Allah pas di searching ini loh surat Annahl:12

"∂άn Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. ∂άn bintang bintang itu ditundukkan dengan perintahNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar ada tanda tanda (kekuasaan اَللّهُ ) bagi kaum yang memahaminya.

Kemudian jurnal


Setelah itu menggunting dan menjiplak,ayash bilang mau bikin bulan. Sambil Ayash menggunting umi terus mengoceh tentang bulan.


meggunting kata bulan,menyusunnya kemudian ia menulis kata bulan dengan penuh huruf u dan i :D U untuk upin,∂άn I untuk ipin, apapun bendanya pasti tulisannya U ∂άn I :D. Oh tidak apa apa huruf U memang ada pada kata bulan. Tadinya saya merasa gagal karena Ayash mengenal hurf bukan dari namanya,tapi dari kartun, hiks. Tpi yasudahlah kaitkan saja dengan huruf yang ada pada namanya Ayasha MaUlIdiasyah..Yeay ada huruf U ∂άn I pada kata maulidiasyah.

Kegiatan ini sebelumnya pernah ayash buat di daycare, namun kali ini menjiplak menggunting,dan melem sendiri :)

Pagi ini Ayash tidak memilih balok, dia fokus sekali menggunting. Apa mungkin malam tadi Ayash sudah puas main balok mulai membuat kereta sampe membuat acara sunatan sodaranya :D




Kegiatan dirumah hari ini berlangsung pagi sebelum mandi.. kemudian sarapan,mandi dan siap siap ke daycare. Ayash di daycare msh ditemani umi, kegiatannya dari pukul 07.00-10.30

Ayash masih proses transisi..umi mau transisi dilalui dengan gembira. pelan pelan sajaaa... msh umi temani bertahap mulai dari di dalam klas sentra ayash msh sebentr sebentar pegang umi, kmudian hari ini umi mulai bisa menunggu di ruang tengah.. Ayash pun mulai fokus beraktivitas,sesekali msh samperin umi. Tapi umi sengaja fokus membaca Alquran saja,biar Ayash lihat kalau kita sama sama berkegiatan. Kemudian Ayash kembali ke kelompoknya berkegiatan membuat playdough

Memberikan Ayash kesempatan dan pengalaman bermain dengan teman seusianya lewat kegiatan di daycare ini,bukan menitipkan..tapi umi hanya perlu lingkungan yang dapat diajak kerjasama dalam menstimulasi sosial emosinya di usia 3 tahun ini.
Meskipu setiap senin,rabu,jumat umi harus selalu bernegosiasi dengan Ayash :), dan hasil negosiasinya tidak selalu umi yg pendapatnya harus dihargai. Ada kalanya ia lebih memilih sekolah genteng,.. tidak apa apa. Bagus nak, kamu bisa membuat keputusan dan menjelaskan alasannya :)

(Naisa Maulidia)




#day 5
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKELUMIT KISAH MAHASISWI JURUSAN TERTINGGAL “PGTK UNJ”

Game Level 2 Melatih Kemandirian Day 1

Game Level 3 Melatih Kecerdasan Anak Day 2