Games Level 11#Fitrah Seksualitas# Day 1

Review materi PG 1 "Pemahaman Perbedaan Gender"


Terlambat setor dan engga ikut diskusinya karena prioritas lain di jam tersebut, membuat aku bolak balik scroll chat yang jumlahnya ratusan, engga bosan karena engetahuan penting semua.


Pertama, dikirimin video untuk disimak. Ini pembukaan yang baik,karena memberikan jalan agar mudah dalam memahami..

https://youtu.be/VApddZaQfks

nah dari hasil nyimak video aja kita jadi tau perbedaan antara seks dan gender menurut WHO


Sex atau jenis kelamin mengacu pada perbedaan biologi, psikologis antara perempuan ∂άn laki laki seperti organ reproduksi, kromosom,hormon dsb



Gender lebih mengacu kpada konstruksi masyarakat tentang ciri ciri perempuan ∂άn laki laki seperti norma,peran,∂άn hubungan antara laki laki ∂άn perempuan.



Dari materi ini aku jadi tahu bahwa seks dan gender itu berbeda. Kalau seks itu kaitannya dengan jenis kelamin (laki laki ∂άn perempuan. Sedangkan gender itu kaitannya δεηgαη sikap maupun ekspresi (maskulinitas ∂άn feminimitas).

Aku juga jadi faham ∂άn  bukan sekedar tahu bahwa Fitrah lelaki adalah pemimpin. Kepala keluarga, pemberi nafkah untuk keluarganya. Itulah mengapa melekat padanya sifat maskulin. Sosok yang harus kuat, tangguh, gagah.

Sedangkan fitrah seorang perempuan adalah pendidik. Sosok yang memiliki sifat keibuan, feminin yang penyayang.


Lelaki mengedepankan logika, perempuan lebih menggunakan perasaannya.

Hmmmm...aku jadi menelaah diri sendiri,mungkin fitrah fitrah ini banyak tercederai.. dengan kesadaran ini kita bisa bangkiy untuk memperbaiki diri. Kalo dulu mikirnya, aku ya aku..aku ya begini..setiap orang karakternya beda dsb.. Sekarang aku jadi sadar bahwa ada kodratnya... Menurut ustadz Harry Santosa dalam Fitrah based education,peran gender bersifat kodrati/fitrah melekat pada jenis kelamin orang tersebut. Laki laki sebagai laki laki ∂άn perempuan sebagai perempuan.


Dan aku merasa tersentil gitu bahwa ada ketetapan syariat tentang kodrat manusia...

Kupikir tadinya cukup δεηgαη aku tetap jadi wanita secara fisik dan mengikuti ketetapan syariat perihal aurat, menjdi merasa aman. Padahal lebih lebih dari itu ada peran gender yang melekat pda jnis kelamin ini. T.T.

Dalam islam, ya prempuan ∂άn laki laki persamaannya adalah sama sama hamba Allah yang diciptakn untuk beribadah ∂άn mengerjakan amal shaleh..

ngutip langsung dari materi kelompok 1 biar aku inget terus.....
Perbedaan laki-laki dan perempuan,
Dalam Islam laki-laki adalah pemimpin
Dalam hukum waris pembagian terhadap anak laki-laki lebih besar dari anak perempuan (2 berbanding 1)
Dalam persaksian, laki-laki dinilai 1 perempuan 1/2
Bagi laki-laki terdapat pahala jihad, mencari nafkah


Sedangkan perempuan terdapat pahala mengandung, melahirkan, menyusui, mengasuh anak, mengurus rumah
Dan lainnya

Tadinya sering ngeluh capek capek, ∂άn ternyata ngurus rumah udah kodratNya ya..ngerasa tadinya ngurus   itu bukan passion|。. kalo merasa kesulitan mungkin karena banyak fitrah yang tercederai..

dan jleb banget Ayat ini:
Allah telah menjadikan keduanya bagian sesuai dengan kehendak dan hikmahNya

Dalam Islam laki-laki dan perempuan saling melengkapi dan bersinergi bukan berkompetisi (salah satunya bisa diliat di an-nisa ayat 32)

Jadi manusia itu sudah secara fitrahnya  diciptakan sesuai porsinya. Yang bikin kita jauh dari fitrah itu adalah bergantung pengasuhann. Kalau misalkan transferan dari bapak kita yang lebih dominan ya jadi kyak bapaknya begitupun kalo transferan ibu lebih dominan,ya jadi kyak ibunya.. Empati ∂άn perasaan ditransfer dari ibu sedangkan kepemimpinan ∂άn kbijaksanaan dari bapak.

Jadi ya ca, engga usah ngerasa lelah.. Allah itu ciptakan kita sudah δεηgαη support system. Gak usah baper lagi, klau ada yang membahas hak dan kewajiban suami isteri.


Nah setelah pahamin diri sendiri sekarang jadi mikirin Ayash...karena kayaknya aku kurang membangkitkan fitrah seksualitas ayash.. Ayash itu belum konsisten bilang bahwa dia laki laki atau perempuan. Malah lebih seringnya bilang bahwa dia tuh laki laki, dia bilang dia mau jd abang, ∂άn ayash lagi mulai muncul pertanyaan2 yang kaitannya tentang organ nya..


InsyaAllah makin semangat, walaupun usia Ayash sekarang 3 th 6 bulan ∂άn blm tahu jenis kelaminnya, δεηgαη materi ini aku semngat untuk menjaga fitrahnya Ayash sebagai prempuan agar tidak terjadi penyimpangan. Dan memastikan Ayash segera tahu identitas seksualnya. Umi sama abi harus hadir membangkitkan fitrah seksualitas Ayash dari awal harusnya hingga akil baligh.. Umi sh ngeliat ayash cenderung maskulin, feminimny malah sedikit..ya اَللّهُ .. Berarti dimulai dari diri umu sendiri untuk membangkitkan sisi feminim ∂άn menjaganya. InsyaAllah bisa!






Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKELUMIT KISAH MAHASISWI JURUSAN TERTINGGAL “PGTK UNJ”

Game Level 2 Melatih Kemandirian Day 1

Game Level 3 Melatih Kecerdasan Anak Day 2